W. Sigit Pudjianto, SH. MH

        

       Widodo Sigit Pudjianto, SH, MH, lahir di Kediri tanggal 3 Februari 1959, beragama Islam dan alamat Rumah di Griya Depok Asri Blok C12 No. 9 Depok II. Pendidikan SD di BANJARAN VI, SMP di SMPN 1 melanjutkan ke SLTA SMAN di TULUNGAGUNG Jawa Timur, Pendidikan S I  Hukum di selesaikan di Fakultas Hukum UNIV. AIRLANGGA Tahun 1985, MAGISTER Hukum jurusan Bidang Hukum di selesaikan Tahun 2006 di Universitas Indonesia.

        Karir di kemendagri diawali dengan menjadi CPNS dan diarahkan menjadi Kasi Wilayah Terbelakang, tahun 1999 mendapat penugasan sebagai Kasi Pemanfaatan Pada Subdit Bina Penataan Ruang & Kawasan Dit Bina Program Bangda, Sebagai Kasi Kawasan Khusus Pada Subdit Pengembangan Kawasan Khusus & Perkotaan Dit. Keserasian Pertumbuhan Daerah Tahun 2000, tahun 2001 mendapat penugasan sebagai Kasi Komunikasi & Mediasi Kelembagaan Pada Subdit Hubungan Partai Politik Dit. Hub Antar Lembaga, Sebagai Kasubdit Organisasi Kemasyarakatan Pada Dit Hubungan Kelembagaan Politik Ditjen Kesbang Tahun 2002, Sebagai Kabag Perencanaan Pada Setditjen Kesbang Dan Politik Tahun 2004, Sebagai Kabag Penyelesaian Sengketa & Bantuan Hukum Pada Biro Hukum Tahun 2006, Sebagai Kasubdit Perencanaan Pemanfaatan & Pengendalian Sdb Pd Dit.Fasilitasi Penataan Ruang & L.H Ditjen Bina Bangda Tahun 2008, tahun 2010 mendapat penugasan sebagai Direktur Direktorat Pengembangan Ekonomi Daerah Pada Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Tahun 2010, dan Sebagai Kepala Biro Hukum Pada Sekretariat Jenderal Tahun 2014 dan dilantik sebagai Kepala Biro Hukum Kemdagri pada tanggal 28 Agustus 2014.                                                                            
           
         Pernah mengikuti beberapa diklat Struktural diantaranya Adumla angkatan III tahun 1996 yang diselenggarakan oleh Diklat Prop di Palembang, sedangkan Diklat Spama  Angkatan XLI yang diselenggaran oleh Diklat DDN di Jakarta, Diklat PIM Tk. II Angkatan XL tahun 2007 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Semarang dan yang terakhir Pra Lemhannas angkatan XLIX tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Panitia Lemhannsa di Jakarta
Pernah mendapat beberapa penghargaan/ tanda jasa yang diberikan oleh Bapak Presiden sebagai pengabdian kepada Negara diantaranya Satyalancana Karya Satya 10 Tahun yang diberikan tahun 2002 dan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun. Pernah mengikuti berbagai kursus singkat di Luar Negeri  tentang pemberdayaan Masyarakat di Kore Selatan pada tahun 1999, Pemberdayaan Masyarakat di Belanda dan Italia pada tahun 2009 serta Penguatan Partisipasi Masyarakat pada tahun 1999.
Sebagai Narasumber terkait dengan Pemerintahan Lokal pada tahun 2003 di Korea Selatan dan Sebagai Narasumber  dalam acara Peningkatan Investasi di Daerah (Indonesia) yang di adakan di Chikago pada tahun 2014.
 

Selama bekerja dalam lembaga pemerintahan banyak pengalaman yang sudah di jalani meliputi:

  1. Pernah membuat pidato Bapak Menteri dengan judul Membangun Organisasi yang Tertib dan Kekal
  2. Pernah Membuat Pidato Untuk Eselon I dengan Judul Peranan Ormas Dalam Menacegah Disintegrasi Bangsa;
  3. Pernah Membuat Pidato Untuk Eselon II dengan Judul Peran LSM Asing Dalam Pembangunan
  4. Pernah Mengikuti Dalam Perancangan Undang-Undang yang meliputi: Undang-Undang Nomor  31 tentang Partai Politik; dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2003 Tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.
  5. Pernah Mengikuti Dalam Perancangan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2001 Tentang tata Cara bantuan Keuangan Kepada Parpol

Email: w.sigitpudjianto@yahoo.com